TIPS ATAU CARA MEMOTIVASI BELAJAR



Setiap pekerjaan diawali oleh motivasi, begitu juga belajar. Seseorang akan melakukan hal dengan sungguh-sungguh jika seandainya ia termotivasi untuk melakukannya. Contohnya seorang karyawan akan melakukan pekerjaannya dengan baik jika seandainya bosnya akan memberikan hadiah bagi karyawannya yang teladan. Selain itu, seorang anak akan termotivasi untuk memecahkan prestasi dengan dukungan dari kedua orang tuanya. Nah begitu juga belajar. Perlu motivasi untuk bisa menjalankan proses belajar dengan sungguh-sungguh.
Hal paling sulit untuk kita seorang pelajar adalah menemukan metode yang terbaik untuk  belajar. Yang kedua adalah memperoleh motivasi yang memperkuat, kenapa kita harus belajar dengan baik, dan untuk apa kita belajar keras??
Memang bingung ya kalau semua orang saling memberi tahu apa yang harus dikerjakan. Paling penting adalah utamakan prioritas Anda. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan.

Menurut saya, cara yang paling efektif dalam meningkatkan motivasi kita agar lebih giat belajar..yaitu sebagai berikut:
  • Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
    Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah presrasi.Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.
  • Belajar apapun
    Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain-lainnya.
  • Belajar dari internet
    belajar dari internet merupakan salah satu cara belajar yang paling efektif selain disekolah,,diinternet juga dapat sebagai sarana informasi bila kita bingung dalam mengerjakan suatu pelajaran. dengan begitu internet lah tujuan yang paling tepat untuk mencari informasi yang sulit didapatkan itu. selain itu internet juga dapat mempengaruhi motivasi belajar seorang siswa. karena internet mempunyai berbagai fungsi dalam belajar maupun mencari informasi tentang segala hal yang ada di dunia.
  • Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
    Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.
  • Cari motivator Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

    ada juga menurut sumber yang pernah saya baca diinternet,untuk meningkatkan motivasi belajar juga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    1. Belajar sebagai Ibadah. Coba perhatikan Sabda Rasulullah saw. berikut ini:

    “Menuntut Ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap Muslim” (H.R. Tirmidzi)

    Dari hadits di atas, dinyatakan bahwa belajar adalah suatu kewajiban, khususnya bagi seorang muslim. Itu artinya bahwa belajar pun bisa menjadi nilai ibadah. Dengan belajar, seorang muslim bisa beribadah dan mendapat kan balasan yang lebih baik, sebagaimana Firman Allah swt.

    “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Q.S Al-Mujadilah: 11).

    2. Belajar sebagai tanda bakti kepada orang tua. Memang kewajiban kita untuk berbakti kepada kedua orang tua, dan bagi pelajar, salah satu bentuk dari bakti kepada kedua orang tua ialah dengan belajar. Tak bisa kita pungkiri, kedua orang tua kita memeras keringat, banting tulang hanya untuk menyekolahkan kita. Mereka ingin agar kita menjadi orang sukses di masa depan. Oleh karena itu, jangan sampai kita sia-siakan perjuangan mereka. Mungkin dengan suksesnya kita dimasa depan, kita bisa menyenangkan keduanya. Apalagi kalau kita menjadi anak soleh yang rajin belajar.

    3. Belajar sebagai kompetisi yang sehat. Manfaatkan keberadaan teman yang jauh lebih pintar dari kita. Mengapa? Karena biasanya berkompetisi dengan orang yang melebihi kemampuan kita akan mendorong semangat yang tinggi untuk berkompetisi. Namun jika tidak ada teman yang bisa diajak berkompetisi, usahakan untuk membantu teman kita dalam hal belajar sehingga si teman kita itu bisa menjadi saingan kita. Karena sebuah kompetisi akan terasa semakin asyik jika semakin banyak lawan yang akan menghadang kita.

    4. Belajar sebagai tauladan sesosok tokoh atau idola. Masih ingatkah dengan sebuah film yang berjudul “DENIAS”? bagaimana kerasnya sebuah perjuangan anak papua untuk mengeyam sebuah pendidikan di daerahnya. Mungkin jika direnungkan, harusnya kita bersyukur masih diberi kemudahan oleh Allah swt. untuk bisa bersekolah. Berbeda dengan seorang Denias yang ingin sekolah harus melalui tantangan yang tidak mudah untuk dilalui. Bahkan saya pun pernah termotivasi untuk belajar di sekolah dengan sungguh-sungguh setelah membaca kisah perjuangan seorang Fahri untuk kuliah di Universitas Al-Azhar yang tertulis dalam Novel Ayat-Ayat Cinta.

    “Resep sukses : belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap. “_William  A.Ward
Nah, nampaknya masih banyak hal-hal lain yang bisa dijadikan motivasi untuk belajar. Karena dengan motivasilah seseorang akan tergerakkan hatinya untuk melakukan suatu hal. semoga tips belajar motivasi ini bermafaat bagi yang membaca blog saya ini dan dapat membantu anda agar termotivasi dalam belajar..INGAT!!" masa depan anda,,ditentukan oleh anda sendiri,,bukan orang lain..dengan belajar kita dapat mewujudkan masa depan yang lebih cerah dibandingkan dengan orang yang malas belajar,,dan jangan pernah merasa takut dalam melakukan kesalahan dalam hidup,,karena kesalahan yang telah kita lakukan adalah pelajaran yang paling berharga dalam hidup kita"..!!
SELAMAT MENCOBA!!^-^



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

belajar itu perlu dan itu hukumnya wajib, namun ada beberapa hal dalam bljr yang perlu diperhatikan...waktu dan memanfaatkan suasana agar tenang dan senang, damai dan mendamaikan, segar dan dapat ditngkap dengan mudah. itu kali yang perlu diperhatikan, karena itu juga dari sahabat yang kini telah menjadi orang sukses dari cara dia belajar. kadang ia belajar dengan cara yang aneh, bayangin aja dia pernah belajar pake perahu dan sambil mancing. tapi ya itulah hasilnya sekarang luar biasa. itu sekedar motifasi juga sista bagi kita yang harus belajar sampai keliang lahat. makasih posting yang bagus dan salam persahabatan selalu dari blogonol

Posting Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new